Peluncuran Program Pemeliharaan Jalan Bersama

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc meluncurkan program pemeliharaan infrastruktur jalan dilakukan secara bersama antara tiga komponen. Tiga komponen tersebut diantaranya Pemerintah Daerah, Swasta dan Masyarakat. Peluncuran Program itu digelar di Lokasi Jalan Desa Mukti Raharja Kec Subah, Jumat (8/2) oleh Bupati Sambas.

Hadir pada penyelenggaraan program itu, Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan, H Uray Heriansyah, Kadis PU PR, Ir Sabib, Staf Ahli Bupati Sambas I Ketut Sukarja dan H Ibrahim K, Kabag Infrastruktur, perwakilan manajemen perusahaan yang ada dilokasi Desa Mukti Raharja, Kades Mukti Raharja dan tokoh desa.

Peluncuran program ditandai dengan pengurukan tanah batu oleh Bupati dan undangan yang hadir secara simbolis. Pada sambutannya dia mengatakan, Jalan adalah keperluan semua komponen masyarakat. Kata dia, baik Pemerintah Kabupaten Sambas, masyarakat dan perusahaan memiliki kepentingan yang sama dengan adanya jalan.

“Karenanya, kepedulian harus kita bangun bersama juga, masyarakat peduli, perusahaan peduli, pemerintah juga peduli. Karena yang menikmatinya kita-kita juga,” ujar dia. Bupati Sambas mengapresiasi pada kepedulian yang telah ditunjukkan masyarakat Desa Mukti Raharja dan perusahaan yang telah mau berkomitmen mendukung program pemeliharaan infrastruktur jalan secara bersama-sama itu.

Dia berharap, selain pemeliharaan, rasa peduli dan memiliki terhadap sarana jalan harus ditumbuhkan. Dicontohkan dia, beban tonase muatan angkutan harus mendapat perhatian. “Usahakan jangan berlebihan, jika memang melebihi tonase jalan yang telah ditentukan, itu akan mempercepat kerusakan jalan. Rasa memiliki dan mau menjaga itu harus ditumbuhkembangkan,” ingat Bupati.

Kades Mukti Raharja, Deli mengatakan, kondisi jalan desanya dan beberapa desa lainnya, terdapat kerusakan parah. Diakui dia, swadaya juga telah dilakukan. “Kerusakan jalan memberikan dampak kerugian yang banyak bagi kondisi kami di desa. Termasuk berpengaruh pada aspek pendidikan, dan lainnya,” ujar dia.

Kadis PU PR, Ir Sabib dalam paparannya mengatakan, jalur di Desa Mukti Raharja, telah mendapat perhatian pemerintah daerah. Unit kerjanya kata Sabib, segera bekerja menyelesaikan permasalahan dilapangan. “Dengan program ini, kesepakatan pemeliharaan infrastruktur jalan, insyaAllah akan memberikan kemudahan dalam menghadirkan jalan yang lebih layak untuk dilalui. Pemerintah punya kapling, perusahaan punya kapling tertentu, dan masyarakat pun kebaikan juga. Ini kan demi kebaikan bersama,” tutur dia.



Tinggalkan Balasan