Mekar Jaya Sajad Deklarasikan Kampung KB

Desa Mekar Jaya Kecamatan Sajad, resmi mendeklarasikan diri sebagai Kampung KB. Komitmen itu dinyatakan langsung Kades Mekar Jaya Kec Sajad beserta perangkat desa dan tokoh masyarakat desa mekar jaya kec sajad dihadapan Bupati Sambas, Rabu (20/9).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sambas, Hj Wahidah mengatakan tahun 2017 siap mendorong desa-desa lainnya di Kab Sambas berkomitmen sebagai kampung KB.

Disela-sela pencanangan kampung KB di Desa Mekar Jaya Kecamatan Sajad, Rabu (20/9) dia mengatakan setiap kecamatan minimal dipersiapkan satu kampung KB. Dipaparkan dia, tahun 2017, sesuai kontrak kerja program KKBPK antara kepala perwakilan BKKBN Prop Kalimantan Barat dengan Dinas yang dipimpinnya, ada indikator kinerja yang menyatakan penambahan satu kampung KB disetiap kecamatan.

“Pencanangan Desa Mekar Jaya Kecamatan Sajad ini adalah bentuk dari tindak lanjut kontrak kerja tersebut,” ungkapnya. Tahun 2016 ungkap dia ada tiga desa yang telah dijadikan Kampung KB, adalah Desa Sepadu Kecamatan Semparuk, Desa Jawai Laut Kecamatan Jawai Selatan, dan Desa Tambatan Kecamatan Teluk Keramat. Dia berharap tahun 2017 bisa merealisasikan lebih banyak lagi komitmen kampung KB di desa lain.

“Pembangunan Kampung KB, dinas kami menggandeng instansi-instansi terkait guna percepatan pembangunan dengan melaksanakan beberapa kegiatan penting,” papar dia. Sebagai bentuk keseriusan pemda, dituturkan Wahidah, unit kerjanya dan instansi terkait menggelar kegiatan pelayanan KB gratis pasangan usia subur, pelatihan keterampilan pada masyarakat desa kampung KB, pembentukan kelompok pusat informasi dan konseling remaja, pembentukan pengendali program lapangan keluarga berencana desa ditingkat desa dan sub PPKBD di dusun atau RT.

Program kegiatan lainnya jelas dia seperti pembentukan kelompok bina keluarga balita, bina keluarga remaja dan bina keluarga lansia. “Kita juga serius memberikan pemahaman dan pembinaan dalam penyempurnaan data desa dan pojok kependudukan, melakukan sosialisasi dan penyuluhan mengenai pendewasaan usia perkawinan dan kesehatan reproduksi, HIV AIDS maupun napza, hingga trafficking, kekerasan terhadap perempuan dan anak, kelangsungan hidup ibu, bayi dan anak,” terang dia.

Program kampung KB, lanjutnya sesuai dengan semangat nawacita agenda prioritas nomor 5 yaitu peningkatan kualitas Hidup Manusia Indonesia. Menurut dia, Kampung KB adalah bagian inovasi strategis guna mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga secara utuh dan terpadu dilini lapangan.



Leave a Reply