Matriks Program Masterplan Aruk

Tahun Anggaran 2019 hingga 2020, Pengembangan Kawasan Perbatasan Aruk Sajingan Besar Kabupaten Sambas Kalimantan Barat Indonesia, mendapatkan kucuran program dan pembangunan dari beberapa kementerian. Diantaranya, untuk lokasi desa sebunga kec sajingan besar, program kegiatan yang dianggarkan, Pengembangan area sentra industri sawit, Industri Lada, Industri Perikanan, IKM, Pengembangan Area Perkantoran atau Perdagangan, Pengembangan Pusat Pelayanan Perdagangan, IKM, UMKM dan Informasi Pariwisata dan Pembangunan Area Komersial Pertokoan.

Disampaikan Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc usai mengikuti kegiatan rapat finalisasi rencana aksi draf instruksi presiden tentang percepatan pembangunan ekonomi di kawasan perbatasan negara di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Selasa (26/2), masih beberapa program kegiatan yang disusun untuk pengembangan kawasan perbatasan di aruk.

“Untuk pengembangan dry port dengan lokasi desa sebunga kecamatan sajingan besar, dalam matriksnya dijadwalkan pada 2022 hingga 2023,” ungkap Bupati Sambas. Sinergis program kegiatan yang akan mewarnai pembangunan perbatasan aruk sajingan besar itu sebut Bupati dukungan dari beberapa gabungan instansi pelaksana.

Dipaparkan dia diantaranya Kementerian ATR, BNPP, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM,  Kementerian Pariwisata, Bappenas dan dukungan dari Bappeda Kab Sambas. Disampaikan Atbah, tidak hanya Desa Sebunga Sajingan besar yang mendapat perhatian pembangunan.

“Lokasi temajuk paloh, galing, dan sejangkung juga kecipratan perhatian pemerintah dari pengembangan kawasan perbatasan tersebut,” sebut Bupati. Untuk temajuk paloh, diungkapkan dia, program kegiatan yang direncanakan disana adalah pembangunan terminal pelelangan ikan dari kementerian perikanan.

Untuk Galing, lanjut dia, mendapat beberapa progam kegiatan, termasuk program kegiatan pembangunan kawasan pertanian terpadu dengan ternak sapi. “Alhamdulillah, perhatian pemerintah pusat luar biasa terhadap kabupaten sambas yang merupakan kawasan perbatasan negara, daerah pinggiran negara. Ini patut kita syukuri, semoga negeri ini semakin berkah, terima kasih kepada presiden dan wakil presiden atas perhatian terhadap kawasan perbatasan,” tegas Bupati.

Diterangkan Bupati, dalam kurun waktu lima tahun, 2019-2023, berdasarkan kompilasi matriks program master plan pembangunan ekonomi dikawasan perbatasan negara yang dipaparkan asisten deputi penataan ruang dan kawasan strategis ekonomi kab sambas mendapat puluhan program kegiatan.

Lima tahunan itu, tercatat 25 program kegiatan yang dipetakan untuk Kab Sambas dengan titik perbatasan negara di Aruk Sajingan Besar. “Semua harus mendoakan ini berjalan dengan baik, dan Allah Subhanahu Wata A’la menjadikan perencanaan ini sebuah ketetapan dimasa yang akan datang,” harap dia.



Leave a Reply