Gerakan Sebawi Menghafal Quran 2019

Kecamatan Sebawi mendeklarasikan gerakan menghafal Al Quran. Gerakan tersebut dimotori Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia Kecamatan Sebawi. Secara resmi diluncurkan Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, di Masjid Nur Rahman Desa Sebawi, Selasa (5/2). Dikatakan Bupati, gerakan itu menunjukkan gejala positif dari digaungkannya visi misi Akhlakul Karimah, Unggul dan Sejahtera untuk Kabupaten Sambas.

Kata dia, gerakan itu merupakan jawaban partisipasi masyarakat mendukung hadirnya keberkahan negeri ini. “Alhamdulillah, bertambah lagi kegiatan positif untuk keberkahan negeri,” ujar Bupati saat memberikan sambutan pada peluncuran gerakan 2019 Sebawi Menghafal Quran yang turut disaksikan Ketua TP PKK Kab Sambas, Camat Sebawi, Kepala Kemenag Sambas dan forkopimcam Sebawi.

Adapun kata Bupati, gerakan menghafal ini menunjukkan adanya peningkatan keinginan ummat memperdalam ilmu keagamaan. Dia berharap, gerakan yang dimotori BKPRMI Sebawi ini, menular ke kecamatan-kecamatan lainnya. “Saya sebagai Bupati Sambas, sangat gembira dengan diluncurkannya gerakan ini. Semoga ini ditiru desa-desa lain, kecamatan-kecamatan lain, kita semarakkan setiap sudut negeri ini dengan membaca dan menghafal Al Quran,” tegasnya.

Diakui dia, kegiatan seperti ini tidak memiliki aspek penilaian pada sisi pelayanan pemerintahan. Hanya saja, Atbah meyakini, keberhasilan pemerintahan, dan keberkahan negeri akan hadir dengan semakin ramainya ummat yang mengenal Al Quran melalui membacanya. “Keberkahan itu adalah kebaikan yang Allah Subhanahu Wa Ta Ala tetapkan untuk kita. Apapun yang telah kita lakukan menjadi begitu nikmat,” sebut Bupati.

Dia memotivasi anggota BKPRMI Sebawi dengan mencontohkan prestasi yang didapat anak-anaknya melalui membaca Al Quran. Disebutkan Bupati, kemudahan-kemudahan dari Allah Subhanahu Wa Ta Ala untuk kehidupan Pendidikan anaknya adalah bukti keberkahan dari membaca dan menghafal Al Quran.

“Alhamdulillah, anak-anak saya bisa mendapatkan pendidikan ke luar negeri bukan karena saya menjadi Bupati, melainkan nikmat dari Allah Subhanahu Wa Ta Ala atas nikmat Hafalan Al Quran yang dimiliki mereka dengan ijin Allah,” ungkap Atbah menginspirasi penghafal Al Quran Kec Sebawi.

Ulwan, panitia launching 2019 Sebawi Menghafal Quran mengatakan, gerakan tersebut awalnya berangkat dari hafalan di Madrasah. Beberapa anggota BKPRMI sebawi, lanjut dia mengidekan untuk meluaskan pengaruh positif tersebut untuk ummat kec sebawi. “Alhamdulillah, sekarang gerakan ini kami pusatkan di Masjid-masjid dan sekarang telah mencapai 50 orang beranggotakan anak-anak hingga orang tua,” ujar dia.

Ulwan mengatakan, keinginan mewujudkan gerakan ini adalah bagian dari menghadirkan kebangkitan ummat menjadi barisan terdepan perjuangan membumikan syiar agama. Dia mengharapkan, gerakan ini menjadi tonggak baru memajukan islam. “Kita mengajak ummat untuk cinta membaca Al Quran, mau memahami dan mengambil manfaatnya,” ungkap dia.

Camat Sebawi, H Burhanul Purkan mengatakan dukungannya terhadap upaya BKPRMI itu. Dia menyebutkan, gerakan tersebut akan ditindak lanjuti lagi dengan beberapa agenda dan program agar semakin ramai peminat gerakan menghafal. “Insya Allah, ini telah menjadi perhatian pihak kecamatan. Kedepannya kami akan mengembangkan lagi agar ini benar-benar menjadi kebutuhan ummat. Kecamatan akan menggandeng lagi beberapa stakeholder guna mensyiarkan ini,” sebut Camat.



Tinggalkan Balasan