Generasi Muda Yang Berakhlakul Karimah

BKPRMI Motor Generasi Akhlakul Karimah

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc mengatakan, harus pandai-pandai memilih teman. Dikatakan dia saat menghadiri pengukuhan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia Desa Tempatan Kec Sebawi di Masjid Al Muminin Dusun Tempukung Desa Tempatan Kec Sebawi, Kamis (21/9), memilih teman hendaknya pilih teman yang baik-baik.

“Pilihlah teman yang membawa kita kepada Allah SWT, teman yang banyak membawa kita kepada kebaikan,” ujar dia. Diumpamakan dia, teman-teman yang membawa kebaikan seperti berteman dengan penjual minyak wangi. Diterangkan dia, berteman dengan penjual minyak wangi, minimal akan kebagian harumnya wewangian dari parfum yang dijual.

“Berteman dengan penjual minyak wangi minimal kita merasakan aroma wangi yang ada disekitar penjualnya atau lebih beruntung lagi kita bisa dikasih minyak wanginya,” contoh dia. Teman yang tidak baik tambah dia, diumpamakan berteman dengan tukang pandai besi. Karena dijelaskan Bupati, seseorang yang berteman dengan pandai besi bisa terkena percikan api dalam proses pembuatannya.

“Minimal berteman dengan pandai besi, kita menikmati aroma api yang menyengat. Tidak harum seperti berteman dengan penjual minyak wangi. Inilah perumpamaannya, sehingga kita diajarkan para ulama untuk berteman dengan yang banyak membawa faedah kebaikan bagi kehidupan kita didunia dan akhirat,” papar dia.

Selain itu, Atbah menjelaskan, pertemanan seseorang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan karakter seseorang kedepannya. Disebutkan dia, karakter orang yang berteman dengan kita memiliki pengaruh terhadap siapa kita kedepannya.

“Kawan atau teman kita bisa menjadi penentu siapa kita dimasa mendatang. Karena seorang temanlah yang memiliki peluang membimbing kita, membina maupun mengajarkan kita. Teman yang baik-baik, insya Allah akan mengarahkan kita ke hal yang baik-baik pula,” sebut Bupati.

Atbah mengapresiasi kegiatan BKPRMI Kab Sambas. Menurut dia, Aktifitas BKPRMI yang selalu menjadikan Masjid Basis membina silaturahmi sangat tepat. “Masjid itu tempat yang paling baik dimuka Bumi. Jadikan masjid tempat kita mengawali hal-hal yang baik. Dan adalah awal yang baik ketika kita berada di Masjid,” ucapnya.

Diungkapkan dia, masalah generasi muda sekarang ini berkutat seputar pergaulan yang sangat tidak diharapkan. Ancaman krisis generasi muda berkualitas kata dia bisa menimpa Indonesia dan Kab Sambas.

“Remaja Masjid harus jadi pelopor pembentukan generasi kab sambas berakhlakul karimah. Kita isi nikmat usia kita dengan hal-hal bernilai ibadah kepada Allah Swt, kegiatan yang positif. BKPRMI harus ajak generasi muda lainnya untuk ke masjid, beribadah, ajak dengan santun,” pinta dia. Bupati mengapresiasi BKPRMI Kec Sebawi, karena aktif bersilaturahmi menggelar kajian setiap bulannya. Dia menyarankan agar kegiatan kajian lebih banyak diisi dengan kajian dakwah.

“Inilah yang kita harapkan, generasi muda kita sudah perduli dengan ilmu agama, insya Allah negeri kita akan berkah, ini harus didukung semua komponen umat muslim. Kita gemakan syiar agama, kita penuhi masjid, kita perbanyak amal-amal ibadah, bagi yang masih melakukan maksiat, ingat, azab Allah sangat keras, mulailah dari sekarang kita kurangi maksiat perlahan-lahan,” pesan dia.



Leave a Reply