Defisit Anggaran Tak Terelakkan, Bupati Ajukan Perubahan

Perubahan-perubahan pada pelaksanaan anggaran pembangunan sebuah daerah tidak bisa dielakkan. Daerah diakui harus bijak menyikapi kecilnya alokasi anggaran. Tidak hanya itu, setiap pemda diminta mampu bijak dalam mengelola APBD.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc mengakui defisit dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Tahun 2017 memang tak terelakkan. Kata dia, saat menyampaikan nota pengantar keuangan paripurna APBD Perubahan Tahun 2017 beberapa waktu lalu, Rabu (13/9), defisit itu terjadi seiring dengan target penerimaan pajak yang diproyeksi meleset pada tahun ini.

“Defisit APBD P tahun 2017 sangat berdampak pada perubahan dana transfer ke daerah diantaranya penurunan dana alokasi umum yang tentunya berpengaruh terhadap kerangka ekonomi makro dan kebijakan fiskal kabupaten sambas yang merupakan pedoman dalam penyusunan APBD,” ujar dia.

Bupati menyebutkan, perubahan APBD tahun anggaran 2017 adalah momentum penyempurnaan terhadap berbagai program dan kegiatan yang telah ditetapkan sebelumnya agar tetap dapat mencapai hasil yang optimal. Selain itu kata dia, perubahan dimaksud diharapkan dapat menjawab berbagai tantangan yang masih akan dihadapi hingga akhir tahun anggaran 2017.

“Penyesuaian-penyesuaian terhadap berbagai kondisi riil dan faktual perlu dilakukan dengan tetap memperhatikan ketentuan dalam pengelolaan keuangan daerah,” ungkap dia. Ditegaskan Atbah, pembahasan perubahan APBD tersebut dengan tetap mengedepankan prinsip taat asass dan berorientasi pada capaian prestasi kerja.

Dia memastikan perubahan tetap konsisten dalam mencapai tujuan dan sasaran-sasaran yang telah ditetapkan. “Intinya adalah pemerintah daerah ingin mencapai peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengelolaan anggaran tersebut mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sambas,” jelas dia. Diterangkan Bupati, rancangan perubahan APBD tetap disusun berdasarkan pokok-pokok kebijakan fiskal dengan penguatan pengelolaan keuangan diarahkan melalui sisi pendapatan belanja dan pembiayaan.



Leave a Reply