Danrem-Bupati Ke Temajuk Paloh Tinjau Patok Batas A73

Kunjungan Kerja Komandan Korem 121 ABW, Brigjen TNI Bambang Ismawan ke Kab Sambas digelar beberapa rangkaian kegiatan. Fokus utama kunker tersebut diantaranya bersama Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, Danrem memantau patok batas negara di camar bulan Desa Temajuk Kec Paloh, Sabtu (30/9).

Patok yang dipantau diantaranya kode A73. Pemantauan tersebut dilakukan bersama dengan Tentara Diraja Malaysia, Kementerian Sumber Asli dan Alam Sekitar dan beberapa pejabat dari Malaysia. Dari dialog yang digelar santai di wilayah batas malaysia, dengan tenda sederhana, kegiatan tersebut dalam rangka menindaklanjuti kisruh yang terjadi beberapa waktu lalu.

Terkait warga Indonesia khususnya petani lada dan karet desa temajuk paloh yang bercocok tanam diwilayah malaysia. Dari TDM, Hadir Brigjen Mohd Bustaman, Panglima 3 Briged TDM dan Suhaimi, pejabat Kementerian Sumber Asli dan Alam Sekitar.

Pada prinsipnya pertemuan tersebut guna penegasan kepada semua pembuat komitmen akan kesepakatan yang telah dicapai pada pertemuan dan pembahasan sebelumnya. Dimana warga yang bercocok tanam diberi batas waktu mengelola hasil panen dari tanaman yang telah terlanjur ditanam hingga desember 2017. Kesepakatan tersebut terjadi ketika Danrem pada saat itu dijabat Brigjen TNI Widodo Irwansyah.

Suasana dialog begitu bersahabat ditandai canda tawa dan mendengarkan penjelasan dari pihak malaysia terkait batas kedua negara. Usai makan siang dilokasi, rombongan memantau titik patok A73. Kedua belah pihak bersepakat menghadirkan ketertiban, keamanan dan kenyamanan sepanjang perbatasan. Dan berharap kedepannya tidak terjadi lagi kejadian serupa.



Leave a Reply