Bupati Ajak Awasi Siswa Gunakan HP di Sekolah

Saat melantik Kepala SD se-kabupaten sambas, Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc meminta pembatasan penggunaan telepon seluler dikalangan pelajar Sekolah Dasar. Pembatasan itu dijelaskan dia terutama pada saat berada di lingkungan sekolah. “Harapan kita, dengan adanya pembatasan tersebut, mengurangi dampak negative penggunaan telepon genggam bagi generasi muda kita,” ujar dia saat melantik kepala SD di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Jumat (15/2).

Bupati menginginkan para guru di SD memberikan perhatian serius agar siswa siswi Sekolah dasar terhindar dari bahaya penyakit masyarakat. Sektor dunia pendidikan lanjut dia, telah banyak laporan yang masuk terkait asusila. “Saya berharap para kepala sekolah menghadirkan lingkungan yang bersahabat bagi pelajar. Jauhkan mereka dari ancaman asusila, jauhkan mereka dari penyakit masyarakat,” tegas Bupati.

Pesan penting Atbah, adalah bagaimana para kepala sekolah maupun guru menjadi teladan baik bagi pelajar di sekolah. Tidak hanya dilingkungan sekolah, dia mengingatkan para guru dan kepala sekolah adalah model atau contoh baik bagi lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. “Sebagai ASN, anda harus menjadi contoh terbaik ditengah-tengah masyarakat,” pinta dia.

Hal yang menjadi perhatian utama Bupati, saat memberikan arahan bagi kepsek, yaitu untuk menghadirkan euphoria suka cita di lingkungan sekolah. Atbah mengemukakan, amanah tugas tersebut, harus dijalankan dengan niat yang baik dan rasa sukacita. “Hadirkan rasa suka cita, senang, bahagia dengan jabatan amanah ini. InsyaAllah, Allah akan memberikan keberkahan dalam menjalankan amanah ini,” ingat dia.

Sebagai kepala sekolah, Bupati menegaskan pentingnya mengasah kemampuan managerial sekolah. Dia meyakini, penunjukkan ASN sebagai kepala sekolah telah melalui proses yang baik. “Eksplorasi kemampuan manajerial, jadikan sekolah yang anda pimpin menjadi sekolah dengan prestasi terbaik. Kita telah melihat betapa strategisnya sekolah dasar ini. Contohnya, orang-orang hebat asal kabupaten sambas yang berkarya di propinsi dulu, adalah kebanyakan lulusan dari Sekolah Dasar pada awalnya. Ini harus disemangati lagi, bagaimana manajemen sekolah dasar menghadirkan bibit terbaik untuk kab sambas menjadi unggul dan sejahtera,” tegas dia.

Program kerja Bupati Sambas mengedepankan Akhlakul Karimah, diterangkan dia, bukanlah tanpa alasan yang biasa. Menurut Bupati, akhlakul karimah menjadi aspek penting untuk kebaikan dunia dan akhirat. “Percuma juga jika sekolah mampu menghadirkan SDM-SDM berkualitas dengan kemampuan yang tidak diragukan, dengan segudang prestasi yang membanggakan. Namun ketika berbicara akhlak, moral ataupun etika, tidak seimbang dengan prestasi tadi. Karenanya lah saya mengajak kepala sekolah mendukung program-program seperti baca Al Quran sebelum belajar, bekerja hingga magrib mengaji ataupun tadarusan di Masjid,” pesan Atbah.



Tinggalkan Balasan