Buka Seminar HKTI, Bupati Ajak Sejahterakan Petani

*** Buat Kebijakan Sejahterakan Petani

Ada pesan khusus Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, pada seminar pertanian yang digelar Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Dewan Pimpinan Daerah Kalimantan Barat di Hotel Pantura Jaya Sambas, Senin (26/9). Bupati mengharapkan akan lahir kebijakan-kebijakan yang berpihak pada petani. Kata dia, petani harus sejahtera.

“Kita adalah Negara pertanian, tetapi kenyataannya petani kita masih miskin,” ujar dia. Dijelaskan Atbah beberapa profesi di Indonesia sekarang ini sudah mendapatkan peningkatan kesejahteraan. Tetapi tutur dia hal itu belum menyentuh profesi Petani.

“Harus ada kebijakan yang mensejahterakan petani. Saya berharap seminar ini turut menyumbangkan ide-ide positif untuk kebijakan yang bisa mensejahterakan petani,” jelas dia. Minimal terang Bupati, harus ada kebanggaan menjadi seorang petani. Sebagai anak petani pun, lanjut Bupati jangan sampai ada rasa kurang percaya diri.

“Harus bangga jadi petani, harus bangga jadi anak petani. Dengan kebanggaan itu, Insya Allah pembangunan pertanian dan kehidupan para petani semakin maju dan sejahtera,” harap Bupati. Hal lain yang dikomentari Atbah, diantaranya berkaitan dengan brand pertanian kab sambas. Menurut Bupati, Sambas seharusnya punya brand khususnya beras.

“Kita belum punya brand beras yang bisa memenuhi kebutuhan konsumsi, kedepannya harus kita pikirkan bersama bagaimana beras hasil pertanian kab sambas punya brand tersendiri,” tegas dia. Bupati juga meminta permasalahan penyerapan hasil panen petani bisa teratasi. Terutama Bulog, pinta Atbah agar mengakomodir penyerapan hasil panen petani dengan harga yang rasional dan mendukung kesejahteraan petani.



Leave a Reply