Buka Musrenbang Kecamatan Galing

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc mengatakan, usulan perencanaan pembangunan di Kab Sambas, dalam setahun menembus angka kurang lebih 41 triliun rupiah. Kata dia, terjadi rentang perbedaan yang begitu besar dengan besaran alokasi anggaran kab sambas tiap tahunnya.
“Usulan pembangunan yang diajukan dalam setiap musrenbang mencapai 41 triliun rupiah lebih, sedangkan APBD kita Alhamdulillah baru sekitar satu koma lima triliun rupiah,” ungkap Atbah saat memberikan sambutan pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan di Galing, Rabu (13/2).

Dijelaskan dia, angka 1,5 triliun adalah uang yang banyak untuk anggaran pendapatan dan belanja daerah dalam satu tahun. Atbah tidak menutup mata, bahwa yang harus menjadi perhatian program kerja pembangunan juga tidak sedikit. “Ibaratnya, uangnya Alhamdulillah sudah banyak, dan pembaginya lebih banyak. Tetapi itu tetap harus kita syukuri. Karena kita masih mendapatkan anggaran untuk bekerja dan membangun negeri ini,” tutur dia.

Guna mengatasi pembagi kegiatan yang begitu banyak, Atbah menginginkan pimpinan OPD jeli memanfaatkan peluang anggaran yang ada. Dia meminta pimpinan OPD memiliki langkah nyata menghadirkan kucuran dana investasi ke Kab Sambas. “Harus ada tim akselerasi atau tim ahli untuk meningkatkan pendapatan daerah. Yang mampu membaca peluang dan potensi peningkatan pendapatan daerah,” ingat dia.

Itu lanjut Bupati hendaknya menjadi perhatian semua OPD. Atbah menghimbau, OPD mempelajari program kegiatan yang disusun kementerian di pusat. “Semua OPD, lakukanlah komunikasi dan koordinasi yang baik-baik dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Mereka banyak program yang bisa kita jadikan peluang untuk menambah pundi-pundi anggaran pembangunan di daerah kita,” tegas Bupati.



Tinggalkan Balasan