Bupati Resmikan Jembatan Gantung Seburing Semparuk

Masyarakat Desa Seburing dan sekitarnya bersuka cita. Wilayah mereka yang terisolir aliran sungai, kini sudah terhubung oleh jembatan gantung. Adalah program pembangunan berasal dari dana pemerintah pusat, Desa Seburing Kec Semparuk akhirnya memiliki jembatan gantung. Jembatan diresmikan Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc bersama Anggota DPR RI Sy Abdullah Al Kadrie dan Kepala Balai Besar Jalan Nasional XX Pontianak Junaidi ditandai dengan Pengguntingan Pita dan penandatangan prasasti.

Bupati dan rombongan berkesempatan melalui jembatan tersebut. Jembatan itu memiliki kapasitas maksimum. Kurang lebih 2 Ton atau 40 orang yang diperbolehkan untuk melintasi jembatan. “Untuk kendaraan roda empat tidak diperbolehkan, kecuali ambulan,” ujar Junaidi, Kepala Balai Besar Jalan Nasional XX Pontianak saat memberikan informasi terkait jembatan.

Dia menyebutkan, masyarakat harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan terkait penggunaan jembatan gantung. Jembatan itu lanjut dia didesain dapat bertahan 25 tahun keatas. “Syaratnya harus mematuhi aturan penggunaan. Jika tidak, umurnya bisa tidak awet,” sebut dia. Masyarakat pinta dia tidak diperkenankan berswa foto diatas jembatan.

Camat Semparuk, Jumli mengatakan, kehadiran jembatan tersebut sangat membantu bagi kelancaran transportasi masyarakat sekitar. Kata dia, adanya jembatan tersebut, menghemat waktu warga menuju pusat kota kecamatan. “Alhamdulillah, masyarakat sangat berterima kasih dengan adanya jembatan ini. Sangat menghemat waktu, dan jembatan ini menjadi ikon baru bagi masyarakat sekitar. Bahkan sering dijadikan latar belakang untuk berswafoto,” terang dia.

Senada dengan Camat Semparuk, Suryadi, anggota DPRD Kab Sambas menuturkan tidak hanya warga seburing yang menikmati kehadiran jembatan bantuan pemerintah pusat itu. Dia meyakini, masyarakat dibeberapa desa sekitar juga merasakan kemanfaatannya. “Sebelumnya masyarakat atau warga sekitar untuk melakukan mobilitas, menggunakan penyeberangan motor air. Alhamdulillah, adanya jembatan ini sangat membantu. Semoga kedepannya Pemda juga membantu penerangan jembatan agar lebih baik lagi berfungsi pada malam hari,” tutur dia.

Anggota DPR RI, Syarif Abdullah Al Kadrie mengatakan, sudah selayaknya Kabupaten Sambas mendapatkan perhatian pemerintah pusat. Dia berharap, banyaknya bantuan pemerintah pusat untuk Kab Sambas, mempercepat kembalinya kejayaan kab sambas seperti dulu lagi. “Sambas ini punya banyak potensi, mulai hasil pertanian seperti padi maupun jeruknya,” ingat dia.

Harapan Anggota DPR RI, Jembatan tersebut menggeliatkan perekonomian warga sekitar. Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, juga mengharapkan hal yang sama dengan Anggota DPR RI. “Jembatan ini harus memberikan manfaat yang besar bagi warga kita. Sehingga ini harus kita jaga bersama. Jangan sampai ada oknum warga yang tidak bertanggung jawab, tidak menjaga asset bersama ini,” sebut dia.

Atbah meminta, masyarakat sekitar komitmen menjaga kelangsungan produk pembangunan itu. Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat kab sambas memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah pusat atas perhatian pembangunan bagi kab sambas. “Pemerintah, Pemerintah Daerah telah menghadirkan kewajibannya bagi masyarakat. Sebagai masyarakat, kita juga harus menunaikan kewajiban kita, kita bayar pajak dan mau menjaga hasil pembangunan,” tegas dia.



Tinggalkan Balasan